Minggu, 13 September 2015

Meiliwati Widya Putri 
Nim :A44130008

Departemen Arsitektur Lanskap ( www.himaskap.web.id )
Fakultas Pertanian                       ( www.faperta.ipb.ac.id )
Institut Pertanian Bogor              ( www.ipb.ac.id )

Departement of Family and Consumer Science ( www.ikk.fema.ipb.ac.id )
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University IPB ( www.ipb.ac.id )


Dosen : Ir.Retnaningsih,MS

Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia


Kuliah : Senin sore, 7 September 2015
 Resume materi kuliah minggu pertama :


Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan konsumen. Motivasi juga adalah dorongan hasrat yang berasal dari dalam diri maupun luar diri karena merasakan ketidaknyamanan dan tekanan sehingga menimbulkan dorongan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan dan keinginannya.  Motivasi melibatkan faktor psikologis dan faktor luar. Berorientasi pada tujuan untuk memenuhi kebutuhan.  Kegiatan berbelanja para wanita pun dikarenakan dorongan motivasi. Definisi Ilmu Konsumen adalah semua tindakan, kegiatan atau proses psikologis, yang mendorong kegiatan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika memebeli, mengunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal tersebut diatas atau kegiatan mengevaluasi. Jenis konsumen ada dua yaitu kondumen individu  dan konsumen organisasi. 
Dilihat dari segi perspektifnya, terdapat tiga pepektif yaitu perspektif pengambilan keputusan, perspektif eksperensial dan perspektif pengaruh bihavioral. Disiplin perilaku konsumen berkembang karena ada kesamaan dan perbedaan , adanya akses internet yang sangat kuat berpenagruh dalam hal globalisasi sehingga batas batas budaya berkurang.  Faktor faktor yang mempengaruhi proses keputusan konsumen adalah strategi pemasaran, perbedaan individu, faktor lingkungan dan implikasi.banyak alasan mengapa kita harus mempelajari perilaku konsumen, diantranya yaitu, perilaku konsumen itu dinamis dan menarik berkaitan dengan hal hal diseitar kita, dan juga dapat mempertahan kan pelanggan dengan mengetahui produk produk apa yang sedang tren di kalangan masyarakat dan meiliki strategi jitu dalam mepertahankan pelanggan. Dengan mengetahui perilaku konsumen , kita dapat memahami konsumen sehingga dapat mengambil keputusan yang baik, membantu konsumen agar dapat memilih produk secara bijak, sebagai landasan pemasaran yang baik dan lain- lainnya. 
Faktor faktor lingkungan konsumen yaitu, budaya-keluarga-teknologi-kelompok acuan-lingkungan dan situasi-dan karateristik, demografial, sosial dan ekonomi. Ilkan merupakan salah satu alat pemasaran yang paling lazim ada di media media sosial serta tv maupun radio. tidak semua iklan tersebut memberikan informasi yang benar, alangkah baiknya kita sebagai konsumen mengerti dan lebih mencermati , bersikap kritis dan tidak mudah percaya. Pemasaran adalah proses bagaimana mengidentifikasi kebutuhan konsumen kemudian memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen dan meyakinkan bahwa mereka membutuhkan barang dan jasa tersebut sehingga terjadi transaksi antara produsen dan konsumen. Strategi pemasaran yang baik adalah strategi  yang berdasarkan pemahaman yang baik tentang perilaku konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar